Selasa, 19 Juni 2018

TUGAS SOFTSKILL REVIEW IKLAN "INDOMIE"

Nama : Endang Sulastri
NPM : 12215218
Kelas : 3EA23




REVIEW

Iklan INDOMIE versi "Indomie Iringi Terus Tekadmu Sejak Dulu, Hingga Nanti" merupakan salah satu variasi iklan dari produk mie instan unggulan di Indonesia yang diproduksi oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Indomie sendiri sudah mengeluarkan banyak iklan yang inovatif dan kreatif. Dan oleh karena banyaknya versi iklan yang dikeluarkan Indomie, disini saya akan mengulas tentang iklan Indomie untuk versi "Indomie Iringi Terus Tekadmu Sejak Dulu, Hingga Nanti"

Mengenai Iklan (Deskripsi):
   Seiring Indonesia yang semakin dewasa, tak terasa Indomie ikut menjadi saksi tumbuhnya Indonesia selama 45 tahun melalui sajian rasa. Dimulai dari tahun 1972, Indomie hadir dengan rasa yang nikmat dan memberikan semangat yang dibutuhkan masyarakat Indonesia dalam membangun negara tercinta, Indonesia.
      Di awal iklan ditampilkan seorang anak kecil yang menyiapkan sebuah makanan yakni mie instan dari produk Indomie rasa "Kaldu Ayam". Didukung dengan latar belakang vintage tahun 1972. Anak kecil tersebut menaiki sepeda dan mengantarkan makanan tersebut ke ayahnya yang sedang bekerja dalam sebuah proyek pembangunan. Dan mereka memakan bersama makanan tersebut, disini Indomie bermaksud menyampaikan bahwa mie instan yang dihadirkan merupakan makanan yang rasanya nikmat dan hadir saat semangat dibutuhkan.
    Dilanjutkan dengan latar belakang tahun 1984, anak tersebut tumbuh menjadi seorang remaja. Ditampilkan di dalam iklan, anak tersebut menaiki sepedanya lalu ia memberhentikan sepedanya di sebuah warung dimana sedang diadakan nonton bareng olimpiade bulu tangkis. Pada bagian itu ditampilkan bahwa ketika ia sampai warung, seorang ibu paruh baya memberikan mie instan Indomie. Kemudian anak remaja tersebut membawa mie Indomie tersebut ke tengah keramaian orang yang sedang menonton bulu tangkis, disini Indomie bermaksud menyampaikan bahwa Indomie hadir untuk menyebarkan dukungan untuk negeri dengan adanya tontonan olimpiade bulu tangkis dimana Indonesia yang sedang bertanding. 
      Di bagian selanjutnya, anak remaja tersebut keluar dari warung tersebut, dan ia membeli koran di sebuah lapak penjual koran yang dijajakkan seorang bapak paruh baya di sekitar warung sebelumnya. Ditampilkan kembali koran yang dibuka dan terdapat tulisan besar "Indonesia Bangkit Dari Krisis" dan diletakkan mie Indomie di sekitar koran tersebut, dengan maksud menyampaikan bahwa Indomie hadir saat berusaha untuk lalui tantangan dan di bagian itu memakai latar belakang tahun 1999. Tantangan yang dihadapi remaja itu pun membuahkan hasil yakni ia dapat membuka sebuah bengkel motor yang ia namai "Bengkel Motor BANGKIT".
   Dilanjutkan dengan latar belakang tahun 2008, remaja tersebut telah beranjak dewasa dan ditampilan bagian iklan ketika ia sudah memiliki keluarga yakni istri dan seorang anak perempuannya. Dimana ditampilkan ketika ia sedang bersama anak dan istrinya di sebuah rumah yang dimana terdapat tulisan pada hari itu adalah Hari Batik Nasional, mereka bersama dan menunjukkan ekspresi keluarga dengan tawa bahagia. Di sini Indomie bermaksud menyampaikan bahwa sampai ia berkeluarga ia tetap menikmati rasa nikmat dari Indomie tersebut.
      Di bagian selanjutnya, ditampilkan bahwa Indomie telah disukai di banyak negara, yakni disukai di Amerika (menggunakan latar belakang seorang wanita asal Amerika di Youtube yang memegang kemasan Indomie dan bermaksud menyampaikan USA love Indomie), disukai di Afrika (menggunakan latar belakang orang-orang Afrika yang sedang menyantap Indomie), dan tersebar di Eropa (menggunakan latar belakang produk Indomie yang sedang ingin didistribusikan).
     Dan di akhir iklan ditampilkan sebuah desain cantik dengan angka 45 dan kalimat "Iringi Terus Tekadmu", di bagian ini Indomie bermaksud menyampaikan bahwa sudah selama 45 tahun Indomie telah hadir dengan berbagai rasa dan hadir untuk terus mengiringi tekad setiap orang, dimana Indomie juga sudah memberikan kontribusi dan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia karena telah mampu bersaing di pasar internasional.

Kelebihan Iklan :
  • Iklan terlihat sangat cantik dan kreatif karena memberikan cerita tersendiri untuk setiap bagian penting dalam hadirnya Indomie di tengah masyarakat Indonesia.
  • Iklan berdurasi 1 menit (60 detik) ini pun dirasa sudah sangat tersampaikan maksud pesan yang sebenarnya ingin ditunjukkan Indomie kepada masyarakat Indonesia yakni tentang hadirnya Indomie saat semangat dibutuhkan, hadir saat menyebarkan dukungan, hadir saat berusaha utuk lalui tantangan dan hadir menjadi selera favourite bagi masyarakat Indonesia.
  • Iklan Indomie ini memberikan informasi hampir detail dan sempurna tentang manfaat Indomie sendiri bagi masyarakat Indonesia.
  • Iklan Indomie ini berbeda dengan versi iklan Indomie lainnya karena dirasa sangat apik sinematografi yang ditampilkan dalam videonya, selain itu tema yang diusung pun unik yakni vintage menuju masa sekarang. Tema yang jarang sekali ditampilkan oleh iklan produk sejenis maupun produk jenis lainnya.
  • Iklan Indomie ini juga mengusung sekali rasa kekeluargaan, nasionalisme, dan kebudayaan Indonesia sendiri, serta mengangkat produk kebanggaan dalam negeri yang mampu bersaing dengan produk luar negeri di pasar internasional.
  • Iklan Indomie ini menampilkan juga kemasan produk Indomie dari masa ke masa, yang menjual sekali atas kelangkaan kemasan yang diproduksi, selain itu desain dari kemasan pun sangat menjual karena sudah menjadi identitas sendiri untuk produk mie instan yang satu ini. Hal ini merupakan sisi dan bagian keunikan tersendiri dari produk mie instan karya anak bangsa, yakni Indomie.
Kekurangan Iklan :
  • Iklan berdurasi 1 menit (60 detik) ini dirasa kurang lama karna terlalu apik bagi saya. Sehingga jika bisa diperbanyak durasinya, maka akan lebih terasa di tiap bagiannya dan jadi lebih bercerita lagi.
  • Iklan Indomie ini tidak menampilkan bahwa bahan-bahan makanan yang digunakan adalah produk yang baik dikonsumsi oleh semua kalangan, karena sasaran iklan lebih mengedepankan minat masyarakat Indonesia sendiri terhadap nikmat rasa dan selera terhadap Indomie. Jika ditampilkan bahan-bahan makanan yang digunakan adalah produk yang baik dikonsumsi oleh semua kalangan, maka akan menjadi nilai lebih bagi Indomie untuk mendapat kepercayaan nyata dari masyarakat.
Pendapat dan Pesan :
Saya sebagai pecinta mie instan, yakni Indomie sangat memberikan aspresiasi tinggi terhadap produk mie instan yang satu ini. Dari kemasan produknya yang sangat iconic sekali dengan identitas yang tidak dapat dijual oleh produk lain, rasa yang nikmat di semua varian rasa yang ditawarkan, pun dengan harganya yang terjangkau. Ketika melihat iklan Indomie dari masa ke masa, saya melihat dan merasa iklan-iklan yang ditampilkan sangat inovatif, ini membuktikan Indomie telah ada di hati masyarakat Indonesia karena keberadaannya sangat dirasakan dan tidak pernah habis ide rasanya produk satu ini untuk menawarkan produk yang berbeda di tiap masanya. Namun dalam mengkonsumsi mie instan satu ini harus tetap dengan kadar konsumsi yang normal dan tidak berlebihan. Jadikan konsumsi mie instan sebagai selingan saja tidak untuk dijadikan kebutuhan konsumsi utama untuk tetap terjaga kesehatannya. Terima kasih :)

Referensi :
  1. https://www.youtube.com/watch?v=S9dcYlvy2M0
  2. https://www.liputan6.com/news/read/3059048/45-tahun-indomie-menemani-indonesia-lewat-sajian-rasa
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Indomie
  4. http://www.indomie.com/About/History

Tidak ada komentar:

Posting Komentar